Kamis, 11 Agustus 2011

Pengertian Berkarya


Berkarya artinya mengerjakan suatu pekerjaan sampai menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua orang.  Karya tersebut dapat berupa benda, jasa, atau hal yang lainnya. Islam sangat menganjurkan agar umatnya dapat saling menghargai yang didasari oleh jiwa yang tulus. Menghargai hasil karya orang lain berarti kita menghargai orang yang berkarya itu. Begitu juga sebaliknya, mencelanya berarti kita mencela yang menciptakannya.
Menghargai hasil karya orang lain merupakan salah satu upaya untuk membina keserasian dn kerukunan hidup antar manusia agar terwujud kehidupan yang saling menghormati dan menghargai sesuai dengan harkat kemanusiaan. Menghargai hasil karya orang lain adalah sifat terpuji yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.


B. Perilaku Menghargai karya orang lain

Agama islam telah mengajarkan kepada umatnya agar hidup dengan rajin bekerja dan selalu memiliki jiwa semangat bekerja keras. Tidak dibenarkan bahwa umat islam itu hidupnya malas.
Allah SWT. berfirman:
Dan katakanlah,”bekerjalah kamu, maka allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga rasulnta dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakannya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”. (Q.S At-Taubah/9:105)
Setiap orang islam seharusnya mampu berkarya dalam hidup sehari-hari, karena setiap orang islam mempunyai tujuan yang mulia yang ingin dicapai, yaitu kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
Dalam berkarya, seseorang harus memiliki hal-hal sebagai berikut:
1.       Perencanaan yang mantap, tepat, dan baik.
2.       Pembagian waktu yang tepat dan efektif, sehingga diharapkan dengan pengorbanan waktu dan tenaga yang sedikit, tetapi dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan dan memperoleh banyak keuntungan.
3.       Hati selalu gembira dalam menghadapi banyak pekerjaan.
4.       Pantang mundur jika pekerjaan sulit, dan tidak mengeluh jika pekerjaan memayah.
5.       Fisik selalu dalam kondisi sehat.
6.       Rasa tanggung jawab yang tinggi dalam bekerja dan menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.
7.       Banyak ingat kepada Allah dan mengharap pertolongannya.
Dalam dunia yang semakin maju seperti sekarang ini, berkarya perlu diingatkan. Adapun cara untuk mengingat karya, yaitu dengan:
a.       Menambah ilmu pengetahuan;
b.      Meningkatkan cara kerja yang lebih efisien dan efektif;
c.       Menggunakan alat-alat modern.
Menurut ajaran islam, manusia diwajibkan berikhtiar dengan bekerja keras agar dapat mengubah nasibnya menjadi lebih baik.
Semua manusia di dunia ini diciptakan oleh ALLAH dengan diberi akal dan dengan akal itu manusia dapat berpikir secara rasional. Dengan akal pula manusia dapat belajar sehingga memperoleh ilmu pengetahuan yang bermacam-macam. Kemudian dengan ilmu pengetahuan itulah manusia dapat mengadakan perubahan-perubahan social dan mencapai kemajuan dalam hidupnya.

Nabi Muhammad SAW. memuji kepada orang yang bekerja mencari kayu, beliau bersabda yang artinya:
“sesungguhnya apabila salah seorang di antara kamu mengambil tali kemudian mencari kayu bakar dan kayu itu diletakkan di atas punggungnya, hal itu adalah lebih baik daripada ia mendatangi seorang yang kaya raya untuk meminta sesuatu kepadanya, yang adakalanya ia diberi, dan adakalanya ia tidak diberi. (HR. Bukhari dan Muslim)

Berkarya adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu berupa hasil pekerjaannya. Berkarya sangat erat untuk hubungannya dengan kerja keras. Kerja keras menunjukkan bahwa seseorang mempunyai keinginan untuk memperoleh hasil secara baik dan efektif. Orang yang demikian bertujuan agar hari ini (sekarang) harus lebih baik daripada hari kemarin.
Konsep:
Menghargai karya orang lain berarti tidak mencelanya walaupun hasil karya itu menurut pandangan kita tidak bagus. Mencela karya orang lain berarti mencela penciptanya.

Agama islam mendorong manusia supaya dapat mengubah nasib dirinya, yaitu dengan berusaha sungguh-sungguh dan berkarya serta meninngkatkan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, manusia dapat mencapai perubahan social dan kemajuan dalam hidup.

6 komentar: